Saturday, October 19, 2013

Browse » home» » » » » » » » RAM 4gb terbaca 3 2gb diwindows XP

RAM 4gb terbaca 3 2gb diwindows XP



Minggu kemarin aku ada tugas instalasi dan seting PC Server di client memang sih sebelum aku pasang di client PC server itu terlebih dahulu aku cek speknya dan aku seting juga.
Setelah merasa beres dicek maka langsung aku pasang diclient dan setelah itu client cek PC server tersebut dan melihat system informasi hardwarenya diwindows lewatcomand run Dxdiag” yang semua informasi mulai dari Processor, Graphic dan memori, aku kaget karena client complain kok memorinya cuman 3,2Gb yang seharusnya sih 4Gb, otomatis saja gue bingung kok bisa ya. Padahal pada saat aku cek dikantor lewat Software Back tack3 dan lewat Bios juga itu RAM normal terbaca 4Gb memang tidak aku cek diwindows, akhirnya aku kasih alasan itu karena disebabkan termakan ama graphic VGA, virtual memori dll, eh client nya ternyata mengerti juga katanya loh kan kepake ama virtual memori dll Cuma 1,28Mb wah aku tambah bingung karena belum tau kenapa kok bisa.
Akhirnya cari informasi ternyata untuk windows XP dan Vista komputer 32bit itu memang total maksimal RAM 4 gb itu sudah terhitung ama memori graphic VGA, modem dll jadi RAM yang terbaca diwindows hanya sekitar 3,2 gb sampai 4gb.
Jadi jangan khawatir deh kalau teman-teman pakai windows XP atau Vista komputer 32bit terus pasang RAM 4gb tapi ternyata yang terbaca diwindows itu hanya sekitar 3,2gb sampai 3,5 gb saja itu karena pengaruh windows saja tidak bisa maksimal dalam membaca RAM lebih dari 4gb, bukan masalah RAM rusak atau pengaruh hardware di Motherboard, itu dikarenakan sudah terpakai oleh graphic VGA, virtual memori dll.
Jika masih penasaran pengen tau total RAM 4gb lewat windows sesuai tidak nya itu bisa dilihat menggunakan software “Back track3, advisor dan CPU-Z-140”
Tapi pengalaman aku itu baru di Motherboard Intel belum tau kalo untuk MB asus atau yang lainnya apakah sama total RAM 4gb tidak maksimal terbaca oleh windows XP dan Vista.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.